Persiapan Setting Email di Outlook Windows

Sebelum melakukan setting email di Outlook Windows, tentu saja anda harus mempersiapkan informasi manual settings dari email yang dapat anda peroleh di Webmail.

  1. Login Ke cpanel anda, Jika anda Member Kami Klik Disini
  2. Kemudian masuk ke halaman cPanel. Pada kolom pencarian ketikkan “email” lalu pilih Email Accountsmail-4
  3. Pilih email yang akan diintegrasikan dengan Outlook. Kemudian klik Access Webmail. mail-3
  4. Silahkan tunggu sebentar, maka anda akan diarahkan ke halaman Webmail. mail-1
  5. Lalu anda diarahkan ke halaman konfigurasi email. Scroll ke bagian bawah, terdapat beberapa informasi apabila anda ingin melakukan manual settings. Sangat direkomendasikan menggunakan informasi settings melalui Secure SSL/ TLS Settings. mail-2

     

    Konfigurasi Email di Outlook Windows

    Setelah informasi email tersebut diperoleh, maka tahap selanjutnya yaitu melakukan konfigurasi email di Outlook Windows. Adapun langkah- langkahnya yaitu,
    1. Buka Outlook Windows. Pada panduan kali ini menggunakan Outlook versi 2013. Namun pada prinsipnya versi apapun sama. Kemudian klik Next.
    enter image description here
    2. Lalu anda akan diarahkan ke step selanjutnya yaitu agreement mengenai sinkronisasi email dengan Outlook. Klik Yes pada pilihan ini lalu klik Next.
    enter image description here
    3. Setelah itu, pada step ketiga ini anda dapat memilih Manual setup or Additional Server Types dalam proses penambahan akun Outlook. Hal ini dikarenakan agar anda dapat memasukkan informasi dalam manual settings email yang tadi telah dipersiapkan. Kemudian klik Next.
    enter image description here
    4. Pada step keempat, pilih POP or IMAP. Karena tipe service email yang akan digunakan yaitu IMAP. Kemudian klik Next.
    enter image description here
    5. Setelah itu isi kolom yang kosong sesuai dengan informasi manual settings pada email yang telah dipersiapkan. Misalnya, Your Name merupakan nama akun yang dapat anda isi dengan alamat email. Kedua, tentu saja tuliskan alamat email. Untuk account type, pilih IMAP. Pada Incoming mail server dan Outgoing mail server isikan sesuai dengan informasi manual setting email. Lalu, masukkan alamat email beserta passwordnya.

    6. Kemudian klik More Settings. Pada bagian Outgoing Server berikan tanda centang pada My outgoing server (SMTP) requires authentication dan klik pada Use same settings as my incoming mail server. Hal ini bertujuan agar tetap pada konfigurasi yang telah diatur di step sebelumnya tanpa adanya perubahan.
    enter image description here
    7. Masih pada halaman More Settings. Pada tabs Advanced isikan port masing masing sesuai dengan informasi manual settings email. Pada Incoming server (IMAP) tuliskan port 993 dan pilih SSL. Pada Outgoing server (SMTP) tuliskan port 465 dan pilih SSL. Setelah itu klik Ok.
    enter image description here
    8. Setelah klik Ok, maka akan berlanjut ke step selanjutnya. Untuk lanjut ke step selanjutnya maka klik Next. Tunggu proses sinkronisasi email dengan akun Outlook Windows.
    enter image description here
    9. Apabila muncul tulisan Congratulations! Seperti gambar dibawah maka proses setting email di Outlook Windows telah berhasil.
    enter image description here
    10. Setelah itu klik Close. Kemudian klik Next, maka Outlook akan terbuka dan berisi inbox, sent item, trash dari email yang telah anda setting.
    enter image description here

    Closing

    Dengan melakukan setting email di Outlook Windows, maka anda dapat melakukan pengelolaan email dengan mudah dan cepat. Apalagi dengan adanya sinkronisasi email dengan domain anda sendiri dan Outlook. Segala hal yang berkaitan dengan bisnis akan semakin mudah dan lancar.